Sabtu, 14 Januari 2012

Posted by Muhammad Yusuf | File under :
Oleh : Muhammad Yusuf (25111010) 1KB01 Universitas Gunadarma       

            Satu hal yang membuat saya tertarik pada Jurusan Sistem Komputer adalah peluang perkerjaan yang kelak di dapatkan saat memasuki dunia kerja . Rata – rata jurusan Sistem komputer saat memasuki dunia kerja di tempatkan pada suatu lingkungan kerja yang terbilang santai dan simple . Selain itu karakteristik yang saya miliki pada dunia kerja Sistem Komputer TI sangat kompetibel atau sejalan . Teringat oleh perkataan ayah saya, “Kelak kamu akan memasuki dunia pekerjaan yang begitu luas , dimana skill dan keuletan kamu benar-benar di uji pada suatu lembaga yang kamu pilih untuk bekerja disana . Namun yang ayah pesan kepada kamu adalah , jangan terpancing oleh pekerjaan yang menawarkan upah/gaji yang sangat besar namun kamu tidak nyaman saat menekuninya .
Carilah pekerjaan yang sesuai dengan karakteristikmu dan lingkungan yang sejalan dengan cara kamu bersosialisasi , karena dengan begitu sebuah pekerjaan akan terasa ringan dan santai . Percuma bila kamu memiliki pekerjaan yang menawarkan upah yang sangat besar melebihi kebutuhanmu sehari-hari namun tidak sejalan dengan kehendak hati kamu , itu akan membuat jiwa kamu tertekan seolah semua pekerjaan kita lakukan dengan tidak ikhlas”. Selain dari itu beberapa hal yang memicu saya untuk memasuki dunia Sistem komputer adalah keahlian yang di tawarkan, seperti :
Networking & Telecomunication : Kemampuan tambahan dalam bidang perencanaan dan pengolahan system jaringan komunikasi data (wire & wireless).
Robotics dan Otomatisasi : Kemampuan analisis sistem dinamik, vision, dan intelegence untuk mengendalikan robot dan perangkat keras dalam industri.
Digital System : Kemampuan bidang rekayasa dan perancangan perangkat digital berbasiskan VLSI (Very Large Scale Integration).
Computer System Management : Kemampuan dalam perencanaan dan pengelolaan perusahaan / organisasi berbasiskan teknologi komputer.
Mobile Technology and Embedded System : Kemampuan merancang dan mengembangkan sistem yang terkait dengan mobile technology dan embedded system.
Belum lagi Prospek lulusan Jurusan Sistem Komputer dapat mulai meniti karir diberbagai profesi, seperti system engineer, embedded system developer, soft embedded programmer, control system engineer, network administrator, network designer, robotic engineer, computer system engineer. Secara lebih detail lagi peluang kerja yang didapat untuk alumnus jurusan Sistem Komputer adalah sebagai berikut :
Jika Berwirausaha
Bekerja Pada Perusahaan Lain
  1. Mendirikan usaha dalam bidang jasa konsultan dibidang IT;
  2. Membuka usaha komputer manufaktur;
  3. Produsen alat-alat mekanik, mainan atau robot.
  4. Dan masih banyak lagi.
  1. Sebagai dosen pengajar di Perguruan Tinggi dengan keahlian yang dimiliki;
  2. Sebagai tenaga IT baik di instansi pemerintah maupun swasta;
  3. Sebagai ahli system analis diberbagai perusahaan atau instansi baik milik pemerintah maupun swasta.
  4. Dan masih banyak lagi.


            Namun, melihat perkembangan teknologi di bumi Indonesia ini , peluang untuk menjadi seorang IT professional begitu kecil . Hal ini disebabkan oleh banyaknya warga Indonesia yang memiliki minat ke bidang IT tersebut . Oleh karena itu persaingan didunia kerja akan makin terasa kental . Tapi semua itu tak membuat saya merasa minder,karena ini pilihan yang telah saya pilih . Terlepas dari peluang pekerjaan mahasiswa Sistem Komputer di dunia kerja , Saya telah merencanakan banyak hal ketika nanti pendidikan saya di sekolah tinggi ini selesai . Yang pertama saya lakukan ketika lulus nanti antara lain ; mendaftarkan diri di lembaga BUMN yang memerluka tenaga di bidang IT,mencoba berwirausaha yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti warnet , atau melanjutkan kegiatan ayah saya dulu seperti membuka took service komputer dan menciptakan tempat kursus Komputer untuk para pelajar tingkat  dini .
Fenomena yang terjadi antara Sistem Komputer dengan Lingkungannya tak lain seperti,
Pengaksesan informasi secara online sangat bermanfaat bagi IPTEK. Dalam IPTEK internet menjadi kebutuhan sehari-harinya. Karena melalui internet maka orang bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang kita tidak ketahui menjadi tahu. Kemudian manfaat yang lainnya internet bagi IPTEK, yaitu mempelajari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Dan juga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat laporan-laporan lainnya. Seperti laporan makalah ekonomi, biologi, kimia, fisika, dan lain-lain. Kalau kita hanya berpatokan dengan buku saja maka kita akan mengalami kerepotan dalam mencarinya. Bukan hanya makalah, laporan penelitian juga bisa seperti jurnal yang hanya bisa didapatkan di internet.
Kini di tiap-tiap sekolah di Indonesia khususnya sekolah negeri, pemerintah sudah memasang computer di tiap sekolah plus internet. Agar siswa dan siswi Indonesia tidak menjadi bodoh dalam menggunakan computer dan internetnya. Tapi internet tidak selalu menguntungkan ada juga kerugiannya seperti adanya situs-situs yang tidak wajar untuk ditampilkan di depan public. Kesemua itu dilakukan oleh manusia hanya untuk mencari sensasi. Tapi manusia tidak tau apa yang akan terjadi jikalau anak-anak yang melihatnya. Mereka bisa terpengaruh dan juga bisa menirunya jika mereka suka.
Internet tidak selalu menguntungkan ada juga sisi negativenya. Tapi kalau untuk mencari berita-berita atau informasi penting itu sangat berguna sekali. Internet merupakan sarana pendidikan untuk menambah wawasan. IPTEK di Indonesia cukup bagus. Dimana pendidiknya profesional dan berpengalaman. Kesemua itu dilakukan agar Indonesia tidak lagi menjadi negara terbelakang dalam hal pendidikan. Faktor yang menghambat pendidikan di Indonesia adalah kurangnya modal untuk mendirikan dan menyekolahkan orang-orang yang kurang mampu.
Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan di seluruh dunia adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah. Buku-buku dan journal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi. Dan semua itu di karenakan adanya Ilmu Pengetahuan Sistem Komputer yang terus berkembang .

0 komentar:

Posting Komentar