Sabtu, 18 Februari 2012

Posted by Muhammad Yusuf | File under :


Untuk posting-an kali ini saya mau share komponen-komponen yang ada pada Komputer maupun komponen-komponen yang berperan penting di dalam CPU . tanpa perlu bertele-tele, Cekidot :
  • Mouse
Merupakan komponen komputer yang bertugas sebagai penggerak kursor dalam layar monitor komputer. Disebut mouse karena kecil dan lincah seperti tikus kecil.
  • Keyboard
Merupakan alat input komputer untuk mengetik dan sebagai shortcut. Biasanya dihubungkan menggunakan USB pada komputer PC dan menyatu dengan komputer pada laptop.
  • Monitor
Merupakan komponen untuk melihat semua hasil kerja, proses yang sedang berjalan, dan mengatur isi soft file komputer. Semakin banyak pixel layar maka semakin bagus tampilannya (relatif).
  • CPU
Merupakan komponen terpenting karena disinilah diletakkan semua penggerak sebuah komputer. Biasanya berbentuk kotak atau balok. Di dalamnya terdapat beberapa komponen seperti:


    • Mother board
Merupakan papa sirkuit tempat melekatkan semua perangkat tambahan pada komputer. Disebut mobo karena inilah yang terutama dalam CPU.
    • Hard disk
Merupakan tempat penyimpanan dalam waktu lama atau permanen, dan juga sebagai tempat menginstall sistem operasi. Saat ini banyak berukuran gigabyte.
    • Disc driver
Merupakan pembaca disc bila sebuah disc dimasukkan. Pembacanya berupa optic, dan dapat dipakai juga untuk menulis pada sebuah kepingan cd (relatif).
    • Power supply
Merupakan alat penyuplai arus listrik ke dalam komputer. Apabila daya dari power supply lebih rendah dari yang dibutuhkan komponen-komponen dalam CPU maka komponen bisa rusak.
    • Fan
Merupakan pendingin dalam CPU agar bisa berjalan dengan baik. Biasanya terpasang pada processor, casing internal CPU dan pada hard disk.
    • Processor
Merupakan otak dari sebuah komputer karena kerjanya yaitu mengkalkulasi semua kegiatan yang berjalan dalam komputer. Semakin canggih semakin bagus (pastilah).
    • Chipset
chipset berupa sekumpulan IC kecil atau chips yang dirancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Pada sistem hardware komputer, chipset ini bisa terdapat pada motherboard, card-card (kartu-kartu) ekspansi, misalnya pada kartu grafis (video card), atau pada peralatan komputer lainnya. Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi. Begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik.
-           RAM
Merupakan media penyimpanan sementara, terutama untuk program-program yang dijalankan selama komputer terpakai.
    • PCI
Merupakan slot untuk menancapkan tambahan perangkat seperti kartu grafis, kartu suara dan modem
    • Graphic card
Tambahan untuk kartu grafis yang berfungsi untuk membantu meningkatkan performa terutama dari sisi visual. Memegang peranan penting terutama dalam komputer yang khusus untuk editing video dan game
    • Sound card
Bagian dari komputer untuk memproses file bersuara sehingga bisa kita dengarkan. Saat ini sudah banyak soundcard yang memang sudah menempel pada mainboard. Jadi tidak perlu lagi ditambahkan soundcard
    • Modem internal/Eksternal
Untuk yang ini saya rasa semua sudah mengetahuinya . Device yang diperlukan untuk bisa mengubungkan/meng-koneksikan Komputer dengan internet . Wujudnya hamper setara dengan kartu grafis. Dan harus ditancapkan pada slot yang telah disediakan didalam lingkungan CPU .

Sekiranya hanya itu yang saya ketahui tentang komponen-komponen yang berperan penting dalam ruang lingkup komputer dan bagian-bagian yang terdapat di dalam CPU,maka dari itu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca yang telah mengamalkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya yang biasa-biasa saja ini sangat saya harapkan.. :P (Sebenarnya dalam wacana ini saya cantumkan bersamaan dengan contoh gambar devicenya,namun terhalang oleh koneksi internetnya yang seadanya.Sehingga saya tunda dulu peng-upload-an gambar :D)

0 komentar:

Posting Komentar