Minggu, 05 Mei 2013

Posted by Muhammad Yusuf | File under :



Komunitas Commuter
E-NJOY BOOK
“Charge Your Information”


Kebosanan merupakan salah satu hal yang paling dibenci manusia dalam hidupnya termasuk saya sendiri . Contoh sederhana, Anda sudah datang tepat waktu untuk suatu kemungkinan yang mengharuskan anda untuk hadir dalam sebuah mata kuliah terpenting semester ini, sementara di ruangan kelas belum ada satu orang pun yang datang bahkan sang dosen. Otomatis tindakan belajar-mengajar tidak bisa dimulai tepat waktu, dan akhirnya Anda menjadi bosan dan cenderung “bete”. Itulah “menunggu”. Sering kali aktivitas tidak efisien ini mengakibatkan efek-efek negative bagi Anda sendiri dan bagi orang-orang di sekeliling Anda juga. Nah, menunggu ternyata dialami juga oleh penumpang kereta api. Apalagi kereta api Indonesia pada umumnya beroperasi antar kota sehingga penumpang mesti memakan waktu yang cukup lama di perjalanan menuju kota tujuan. Biasanya, tidak banyak yang bisa dilakukan oleh seorang penumpang dalam kereta. Paling-paling tidur, makan, cek sms, sms-an, YM-an, buka FB, ngemil, akhirnya tidur lagi. Inilah latar belakang utama munculnya ide saya untuk merancang sebuah aplikasi sederhana yang berbasis pada sistem operasi yang sedang nge-TREN akhir-akhir ini,yaitu Android .

Alasan Software yang saya bangun di sistem operasi Android ini dikarenakan mulai banyaknya pengguna ponsel pinter di kancah tanah air. Ya Contohnya Android ini,selain memiliki sitem yang mumpuni, ponsel-ponsel pintar berbasis Android di bandrol cukup murah bila di bandingkan dengan OS rival yang sekelasnya seperti,iOS,Blackberry,Windows Phone,Badda dll. E-NJOY BOOK, ya begitulah nama aplikasi buatan saya . Merupakan sedikit terobosan buat “situ-situ” yang sering banget kesel sama yang namanya “nunggu”. Software ini ada aplikasi pembaca,dimana software ini mampu me-Read beberapa jenis file seperti .doc,pdf,txt dsb. Pengguna dapat mendownload berbagai macam artikel di aplikasi ini seperti novel,cerpen,koran, bahkan komik sekalipun.
Software ini saya bangun dengan beberapa software pembantu lainnya sepertinya hal pada sisi desain atau interface software,saya menggunakan Adobe Photoshop CS5 . Alasan menggunakan software ini adalah, mudah,simpel, dan kaya fitur yang membuat saya jatuh cinta untuk mengandalkan software ini untuk oprak-oprek sisi desain . Pada Adobe Photoshop ini saya gunakan untuk membuat tampilan dalam software seperti icon,wallpaper,dsb. Berikut hasil editing sementara tampilan E-NJOY BOOK buatan saya .

Tampilan Home E-NJOY BOOK (Prototype)

                Dengan konsep desain minimalis dan sedikit warna cerah yang bermaksud membuat pengguna software ini kelak tidak mengalami kelelahan mata pada saat membaca . Selain itu Icon/button saya buat dengan size yang lumayan besar,hal ini di karenakan software ini berjalan di atas sistem operasi Android,dimana sebagian besar ponsel yang menggunakan OS.Android ini menggunakan panel layar sentuh sebagai navigasinya . Software ini cocok untuk digunakan kalangan anak muda yang haus akan keingin tahuan yang luas seperti,pelajar,mahasiswa dsb.
v  Pengoperasian Software E-NJOY BOOK

Icon ini memiliki source code yang akan memberikan fitur kepada pengguna untuk membuat tulisan sendiri pada E-NJOY BOOK .






Berikut sepotong codingan dari icon ini :
(Untuk Source Code saya menggunakan aplikasi khusus mendesain software Android seperti Eclipse,ADT Plugin,SDK dll).
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <TableLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" android:stretchColumns="1"> <TableRow> <TextView android:layout_column="1" android:text="Open..." android:padding="3dip" /> <TextView android:text="Ctrl-O" android:gravity="right" android:padding="3dip" /> </TableRow> <TableRow> <TextView android:layout_column="1" android:text="Save..." android:padding="3dip" /> <TextView android:text="Ctrl-S" android:gravity="right" android:padding="3dip" /> </TableRow> <TableRow> <TextView android:layout_column="1" android:text="Save As..." android:padding="3dip" /> <TextView android:text="Ctrl-Shift-S" android:gravity="right" android:padding="3dip" /> </TableRow> <View android:layout_height="2dip" android:background="#FF909090" />



Icon ini merupakan shortcut yang memberi keluasan pengguna untuk menunduh Artikel lainnya seperti Novel,cerpen,komik dan lainnya .


Icon ini berfungsi untuk mengambil file yang telah diunduh atau di simpan sebelumnya.






Untuk yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga kita,ya shortcut ini berfungsi meng-upload file/bacaan yang kita baca di E-NJOY BOOK ini terhubung ke jejaring sosial Tweeter.




Icon ini memiliki isi codingan berperan untuk memperbesar atau bahkan memperkecil tampilan software agar bisa melakukan multitab dengan mudah.


           


       

Masih dalam sisi interface software , setelah sebelumnya saya memperlihatkan tampilan prototype E-NJOY BOOK . Berikut saya akan tampilkan interface ketika dalam mode Read .


Interface ketika dalam mode membaca/read

Seperti inilah tampilan E-NJOY BOOK ketika dalam mode read. Simpel? Ya.. konsepnya masih dalam nuansa simpel dan mudah di gunakan . Dengan 1 ReadBox(Kotak bacaan) dan 3 icon di jajaran kiri tampilan, yaitu icon Open and Save yang berbentuk koper (icon paling atas), lalu icon Music yang berbentuk CD(ini adalah bagian dari fitur software E-NJOY BOOK,dimana ketika user sedang membaca,user bisa sekaligus membuka file music dengan jenis .mp3 untuk menemani kegiatan membaca user agar tidak membosankan,atau juga bisa sebagai pendukung nuansa judul bacaan agar user merasa enjoy saat membaca/tidak monoton).Selain itu terdapat fitur tersembunyi ketika mode read,yaitu fitur penanda bacaan, cara ini dapat di gunakan dengan menyentuhkan jari agak lama pada bagian bacaan yang ingin di tandai . Begitu juga zoom out dan zoom in dengan menggunakan opsi mencubitkan jari pada interface . 

Interface pada proses upload file music pada mode Read
                Pada Interface ini konsep simpel masih dipertahankan pada software ini bahkan sampai ke detail di balik layar software ini . Untuk tampilan musicnya sendiri saya mengambil dari tema background Music Players dari Windows Phone 7 yang mempunyai ciri khas minimalis yang sangat kental pada desainnya.


           

               








0 komentar:

Posting Komentar